gamis koko

Opsi Gaya Baju Koko Kaftan Ala Pangeran Arab

Gaya berbusana umumnya menjadi sebuah ikon fashion tersendiri untuk sebagaian orang. Terlebih bagi seorang publik figur, misalnya saja yang beberapa bulan lalu sedang trending. Pangeran Arab. Gaya berpakaian Raja Salman beserta Pangerannya merupakan ikon khas pakaian dari arab dengan gaya baju koko kaftan yang menyerupai jubah dan gamis.

Siapa yang tidak mengenal gaya berbusana ala arab yang ikonik dengan gaya baju koko panjang sampai lutut dan bahkan pada beberapa versi panjangnya mencapai mata kaki. Di Indonesia pakaian semacam itu disebut gamis, atau jubah. Akan tetapi, sebenarnya gaya berpakaian yang dikenakan oleh Raja Arab Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan para pangerannya ini disebut sebagai Kondura atau Kandura. Di sana busana tersebut merupakan busana tradisional untuk para pria Arab. Mereka menyebutnya Thawb. Berikut ini adalah beberapa pilihan gaya baju koko kaftan  para pangeran Arab yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Gaya Baju Koko Kaftan Ala Pangeran Arab

kaftan arab

Kondura Maroko

Baju gamis yang khas dari penampilan pria Arab pada umumnya ini sangat panjang hingga menutupi kaki. Baju jenis Maroko ini lebih cenderung menggunakan model kerah layaknya T-Shirt. Selain itu, panjang lengannya cenderung lebih pendek dibandingkan gamis dari Arab asli.

Gamis Arab

Sebenarnya gamis Arab ini juga merupakan baju Kondura. Variasi baju gamis ini terdapat pada kerah yang lebih tertutup. Bahkan pada variasi gamis Arab yang satu ini seringkali dilengkapi dengan kantong saku dan kancing. Beberapa varian lainnya terkadang diberikan aksen-aksen penghias dan penggunaan aksesoris tambahan. Misalnya sorban yang dipakai pada kepala. Namun, seiring semakin berkembangnya dunia fashion, beberapa kreasi gamis Arab yang sedang booming adalah penerapan lengan pendek dengan tambahan sedikit detil.

koko kaftan

Gamis Persia

Inovasi baru pada baju koko kaftan ini memungkinkan penerapan gaya Persia. Lazimnya gaya Persia adalah perpaduan gaya antara Arab dengan India. Panjang baju umumnya dirancang mempunyai tinggi tanggung, yaitu beberapa sentimeter di bawah lutut. Kemudian baju koko ini akan dikombinasikan dengan celana dengan warna yang sesuai dengan warna baju. Selain itu, penambahan aksesoris seperti scarf atau syal yang panjang akan menambah kesan tampan pada penampilan si pemakai.

 

Gamis Arab Modern

Pada umumnya, gamis Arab hanya berwarna putih polos tanpa tambahan detil apapun. Namun kini, gamis Arab modern telah mengadopsi aspek-aspek fashion. Misalnya base color, dan motif. Gamis Arab modern mencoba menggabungkan base color yang berbeda (tidak hanya putih), dengan kombinasi motif dan variasi model kerah. Biasanya, untuk membuat penampilan terkesan lebih berwibawa, gamis Arab modern akan dikenakan bersama syal, dan sorban yang dipakai di kepala.

Gamis Persia Modern

Balutangamis modis persia juga merupakan fashion yang tak jarang dikenakan oleh para pangeran Arab. Baju koko kaftan model Persia modern ini masih tetap mempertahankan akulturasi budaya India dan Arab. Model Persia masih mempertahankan gamis yang ukurannya sepanjang lutut dan celana panjang dengan warna yang sepadan dengan warna baju gamisnya. Terkadang beberapa gamis Persia modern juga menyisipkan motif-motif yang memenuhi baju gamisnya sehingga tidak terkesan monoton. Selain itu, bagian pundak yang dibentuk menyerupai jas menjadikan penampilan penggunanya terkesan gagah. Aksesoris syal dan serban dengan warna senada dengan celana dijamin menjadikan baju gamisnya akan menjadi highlight tersendiri.

Nah itulah beberapa alternatif gaya berbusana ala pangeran Arab dengan menggunakan baju koko kaftan. Selamat bereksperimen dengan inspirasi berpakaian Pangeran Arab yang ikonik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *