Tips memilih investasi islami

Tips Memilih Investasi Secara Islami

Tips memilih investasi islami, Islam tidak hanya mengajarkan hubungan manusia pada Tuhannya dan cara meraih surga saja tetapi Islam juga mengajarkan semua aspek kehidupan. Salah satunya yang dipelajari adalah tentang perniagaan. Telah diketahui oleh banyak umatnya jika Nabi Muhammad sendiri adalah seorang pedagang. Berbicara soal perniagaan, Anda tentu pernah mendengar kata tentang investasi. Lalu apa yang dimaksud dengan investasi secara Islami itu? Investasi tersebut tentunya yang tidak melanggar aturan agama atau tidak memakai bisnis riba.Tips memilih investasi islami

Tips Memilih Investasi Secara Islami yang Bisa Dilakukan

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dan berbisnis, jangan sampai lupa jika ada hukum Islam di dalamnya. Kebanyakan bisnis investasi sekarang ini banyak yang merugikan atau memakai bisnis riba yang mengandalkan bunga. Di dalam Islam hal itu sangat dilarang karena uang yang dihasilkan tidak berkah alias haram karena merugikan pihak yang lain. Lalu bagaimanakah tips berinvestasi supaya terhindar dari riba?

1. Investasi halal
Sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk selalu memilih apapun yang sifatnya halal termasuk juga dengan urusan investasi. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti investasi, Anda harus memilih yang sifatnya halal agar hasilnya bisa berkah. Investasi tersebut antara lain seperti bisnis tour umrah dan haji, makanan, pakaian dan masih banyak lagi. Bisnis yang halal tentu akan mendatangkan keberkahan bagi keluarga. tips memilih investasi islami

2. Aman
Bagi siapa saja yang ingin berbisnis investasi selain mencari yang halal, Anda harus memilih sifatnya aman. Jangan sampai Anda salah dalam berinvestasi dan malah membahayakan diri dan keluarga. Mengapa Islam menuntut umatnya untuk ikut bisnis yang aman? Karena nantinya tidak akan merugikan serta hasilnya pun juga bisa menjadi berkah. Di zaman yang semakin maju tentu banyak kasus investasi abal-abal dan ujung-ujungnya menipu dan bahkan tidak sedikit pula yang tertipu. Jadi sebelum berminat, Anda harus melihat dan mengecek partner yang akan Anda ajak berinvestasi terlebih dahulu.

3. Memiliki jaminan masa depan
Jangan asal memilih investasi karena bisa jadi tidak ada jaminan masa depannya. Bagi Anda yang ingin berbisnis, maka carilah yang memiliki jaminan masa depan cerah. Jika tidak maka Anda akan mengalami kerugian. Sangat penting bagi Anda untuk memilih-milih rekan dalam berinvestasi dan usahakan yang memiliki trackrecord baik.

4. Bagi hasil yang menguntungkan berdasarkan syariah
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika berbisnis tentu semua orang ingin mendapatkan keuntungan. Keuntungannya pun juga harus sama-sama adil tidak berat sebelah dan kalau bisa yang berdasarkan syariah. Mengapa? Karena nantinya tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan. Bila ada pihak yang merasa rugi atas binis investasi Anda tentu harta yang didapatkan pun menjadi tidak berkah dan bisa dibilang riba.

5. Menguntungkan dunia akhirat
Menurut agama Islam, mencari ilmu atau pun berbisnis itu harus yang menguntungkan di dunia maupun akhirat. Menguntungkan di dunia seperti mendapatkan kekayaan, keuntungan dan kehormatan kemudian di akhirat tentunya nanti akan membawa Anda ke jalan menuju surga dan tidak akan menjadi alat pemberatnya. Oleh karenanya pilihlah bisnis yang menguntungkan untuk keduanya dan hindari bisnis kotor.

Kelima tips memilih investasi di dalam Islam tersebut bisa Anda coba lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapat pun tidak akan merugikan pihak lain apabila bisnis yang Anda jalankan memakai syariah, tidak riba atau pun merugikan pihak lainnya. tips memilih investasi islami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *